Minggu, 26 Juli 2015

BRTI: Tarif Internet akan Diatur Tahun 2016


BRTI: Tarif Internet akan Diatur Tahun 2016
Reporter: Aditya Panji & Susetyo Dwi Prihadi, CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) berencana mengkaji aturan soal tata cara penetapan tarif layanan data (Internet) yang disalurkan melalui perusahaan telekomunikasi pada tahun 2016.

Agenda ini telah direncanakan jauh hari oleh pemerintah dengan prediksi pasar layanan Internet di Indonesia yang sudah matang.

"Rencana pemerintah dan BRTI mulai mengkaji tarif data mulai 2016. Ini perlu dipertimbangkan," ujar Anggota Komisioner BRTI Bidang Hukum, I Ketut Prihadi Kresna.

Ketut menjelaskan, tata cara ini hanya menetapkan formula komponen apa saja yang perlu dihitung perusahaan telekomunikasi saat konsumen memakai layanan Internet. Arahnya akan seperti formula pentarifan layanan teleponi dasar meliputi telepon (voice) dan pesan teks (SMS).

"Kami hanya mengatur formulanya, sementara yang menetapkan tarifnya tetap si operator seluler," ujar Ketut saat dihubungi CNN Indonesia, Kamis (23/7).

Untuk dua layanan teleponi dasar, pemerintah telah membuat Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomo 9 Tahun 2008 tentang Tata Cara Penetapan Tarif Jasa Telekomunikasi yang Disalurkan melalui Jaringan Bergerak Seluler.

Jika cara penetapan tarif Internet telah dibuat, diharapkan bisa meminimalkan kesenjangan tarif Internet seperti yang dikeluhkan pelanggan Telkomsel bernama Djali Gafur dalam sebuah petisi online di Change.org. Ia berkata tarif Internet Telkomsel di Indonesia bagian timur lebih mahal 100 persen dibandingkan bagian barat.

Petisi bertajuk "Internet Untuk Rakyat: Save @Telkomsel @KemenBUMN @kemkominfo" itu telah mendapatkan 5.700 dukungan pada hari ini pukul 2 siang. Petisi yang diarahkan kepada Telkomsel, Kementerian BUMN, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika itu, menargetkan 7.500 dukungan dari warga.

------
Arki Rifazka,

Sent from iPhone.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman